Rabu, 23 Februari 2011

Diposting oleh imam setiawan

Apakah inti dari tujuan umum dalam rancangan pengajaran menurut Dick & Carey (1985)? Sejauh mana identifikasi tujuan umum pengajaran berpengaruh pada rancangan pembelajaran tersebut?

jawab :

Menurut Dick & Carey, ada 8 langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan rancangan pendidikan bagi orang dewasa yang kita ketahui bersama bahwa pendidikan bagi orang dewasa cenderung bersifat luar sekolah atau pendidikan masyarakat. Hal yang paling utama kita lakukan adalah dengan menetapkan tujuan umum pengajaran. Di dalam tujuan umum ini berisi tentang maksud yang ingin dicapai dari sebuah pengajaran ataupun hasil akhir yang ingin dicapai dalam sebuah proses pengajaran yang berlangsung. Jadi di dalam tujuan umum ini tidak berisi tentang bagaimana sebuah proses pengajaran itu dilaksanakan.

Di dalam sebuah seminar ataupun workshop mini yang dilakukan oleh seorang pembicara, tentunya si pembicara telah menentukan TIU (tinjauan instruksional umum) dan TIK (Tinjauan instruksional umum). TIU tersebut merupakan suatu bentuk pengaplikasian dari tahap awal rancangan pembelajaran berupa tujuan umum, sedangkan TIK digunakan untuk mengatur hal-hal apa saja yang akan disampaikan atau dijalankan dalam proses yang berlangsung dalam pengajaran tersebut.

Setiap proses kegiatan belajar mengajar yang akan kita laksanakan baik itu pendidikan paedagogi ataupun andragogi tentu kita harus menentukan goal yang ingin kita capai. Tanpa target yang terlebih dahulu kita tetapkan sulit rasanya untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran yang dilakukan sebagai tahap evaluasi nantinya.Karena itu identifikasi tujuan umum merupakan hal yang sangat fundamental dan menjadi prioritas utama dalam proses pengajaran yang dilaksanakan.

Sumber : Suprijanto,H. (2007). Pendidikan orang dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar

kotak ukhuwah


ShoutMix chat widget