Minggu, 10 April 2011

Diposting oleh imam setiawan

Modul Pelatihan (revisi)

MANAJEMEN PEMASARAN BUAH STRAWBERRY

Tim Penyusun:

M. Ricky Sanjaya 091301005
Bobby Kurniawan 091301034
Imam Setiawan 091301044
Cipta Arief Wibawa 091301099

Latar Belakang

Peningkatan keterampilan (skill) merupakan sebuah kebutuhan hidup bagi tiap orang. Terlebih apabila pelatihan yang diberikan dapat menunjang peningkatan spesifikasi orang tersebut. Pelatihan di sini sendiri adalah salah satu metode dalam pendidikan orang dewasa yang lazim digunakan dalam meningkatkan pengetahuan keterampilan, serta mengubah sikap peserta dengan cara yang spesifik. Berkaitan dengan hal inilah kami mulai melihat bahwa pelatihan dalam sektor manajemen dan pemasaran buah strawberry.

Strawberry adalah salah satu buah yang paling diminati saat ini. Hal ini dikarenakan fungsinya yang bukan hanya sebagai buah pelengkap pada makanan lain, namun juga sebagai penambah cita rasa dari makanan serta pewangi makanan. Selain hal tersebut, buah strawberry juga terasa nikmat jika dimakan begitu saja. Kekhasan rasanya bukan hanya terletak dari aromanya, namun juga rasa segar yang dirasa setelah memakannya.

Buah strawberry merupakan salah satu komoditi yang mempunyai prospek pasar yang cukup diperhitungkan. Hal ini terlihat dari banyaknya perkebunan yang menjadikan strawberry sebagai produksi utamanya. Untuk itu, kami melihat hal ini dapat menjadi sebuah potensi bisnis yang menguntungkan. Oleh karena itu, diperlukannya pelatihan bagi mereka yang berminat untuk memulai bisnis dibidang pemasaran strawberry yang sudah terbukti keberhasilannya serta terjangkau oleh masyarakat.

2. Tujuan Pelatihan

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat dalam memulai bisnis dalam sektor pemasaran strawberry. Pelatihan ini memfokuskan pemasaran pada segmen pasar lokal, seperti kompleks perumahan, ataupun pasar buah lokal.

3. Manfaat

Manfaat yang didapat peserta yaitu:

  1. Mengetahui prospek dan peluang bisnis strawberry dalam lingkup usaha kecil menengah
  2. Mendapatkan pemahaman konsep manajemen pemasaran strawberry yang baik.

4. Materi

Adapun materi yang disajikan :

  1. Mengapa berbisnis strawberry?
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa strawberry adalah salah satu buah yang mempunyai potensi pasar yang cukup menguntungkan. Untuk itu, disini nanti akan dijelaskan mengenai keuntungan serta manfaat yang dapat diperoleh dari memilih buah strawberry sebagai produk usaha dibandingkan dengan memilih buah lainnya.
  2. Pemilihan produk
    Pada materi ini akan dipaparkan bagaimana memilih produk yang baik dan berkualitas. Pemilihan produk yang baik sangat penting, karena hal ini berhubungan erat dengan kepuasan konsumen.
  3. Strategi pemasaran
    Disini akan dipaparkan secara rinci mengenai bagaimana strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran meliputi deskripsi lengkap mengenai produk, penentuan harga, promosi, serta penempatan distribusi produk sehingga mudah diakses oleh pelanggan (affordable)
  4. Analisis pesaing
    Disini kami akan memaparkan secara rinci mengenai analisis pesaing yaitu kemungkinan adanya pengusaha lain yang menjual produk yang sama.
  5. Anggaran (Budget)
    Rincian mengenai budget yang akan kita keluarkan untuk memulai bisnis strawberry ini.

5. Peserta Pelatihan

Mahasiswa Psikologi USU yang mengikuti mata kuliah Andragogi T.A 2011

6. Jumlah Peserta

Jumlah peserta 10 orang

7. Alat & Bahan

  1. Modul Pelatihan
  2. LCD Infocus
  3. Laptop

8. Jadwal Pelatihan dan Durasi

- Kamis, 21 April 2011

- Durasi pelatihan selama 80 menit. Dimulai pukul 11.10 – 12.30 WIB. Waktu dapat berubah sesuai kebutuhan.

9. Lokasi Pelatihan

Ruang 2B Fakultas Psikologi USU

10. Instruktur

a. Cipta Arief Wibawa

b. Bobby Kurniawan

c. Imam Setiawan

11. Moderator

Ricky Sanjaya

RANCANGAN KEGIATAN

PEMBUKAAN

Perkenalan kelompok

Pada sesi ini tim pelatihan akan memperkenalkan diri , yang dipandu oleh moderator, yang dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai tema pelatihan yang akan dibawakan oleh kelompok pelatihan, yaitu tentang “ Manajemen Pemasaran Buah Strawbery ”.

PELATIHAN

Para instruktur memberikan pemaparan materi pelatihan. Pelatihan akan dilaksanakan selama 60 menit. Proporsi waktu untuk tiap-tiap instruktur bebas / tidak ditentukan.

PERTANYAAN & PENUTUP

Sesi terakhir yaitu para peserta dapat mermberikan pertanyaan sehubungan dengan materi. Setelah pertanyaan dikumpulkan, para instruktur dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yang kemudian diakhiri dengan pemberian kesimpulan dan salam penutup dari moderator

PERINCIAN BIAYA

Alat dan Bahan

  1. Foto Copy Modul Pelatihan : 10 X 5000 = Rp. 50.000

Daftar Pustaka

  • Yusnadi, (200-). Andragogi, Pendidikan Orang Dewasa. Medan: Unimed Press.
  • Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara

0 komentar:

Posting Komentar

kotak ukhuwah


ShoutMix chat widget